Text
Analisis faktor kecemasan siswa dalam menghadapi uji kompetensi nasional bidang tata kecantikan rambut : servei di SMK Negeri 27 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Maria Elisabeth Simanjuntak, Analisis Faktor Kecemasan Siswa Dalam Menghadapai Uji Kompetensi Nasional Bidang Tata Kecantikan Rambut. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor kecemasan siswa SMKN 27 Jakarta Pusat dalam menghadapi Uji Kompetensi Nasional. Penelitian ini dilakukan di SMKN 27 Jakarta Pusat, Jurusan Tata Kecantikan Rambut dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total population. Instrumen yang digunakan untuk menganalisa faktor kecemasan siswa terhadap Uji Kompetensi Nasional ini menggunakan rating scale. Hasil uji validitas diperoleh dari 45 item pernyataan terdapat 30 item yang dinyatakan valid dan 15 item dinyatakan tidak valid karena koefisien korelasinya lebih kecil dari nilai r tabel. Nilai reabilitas r hitung adalah 0,959 dan r tabel dengan taraf signifikasi 5% dengan n = 15 adalah 0,514, maka r hitung > r tabel, 0,959 > 0,514, hal ini berarti kuisioner memiliki tingkat reabilitas tinggi.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil, persentase persepsi siswa yang memaknai Uji Kompetensi Nasional sebagai sesuatu yang mengancam (negatif) sebesar 50%, dan 50% lainnya tidak memaknai Uji Kompetensi Nasional sebagai sesuatu yang mengancam (positif). Lalu secara kecenderungan Individu dalam merasakan kecemasan atau Anxiety Trait, diketahui bahwa 13,33% atau sebanyak 4 siswa mengalami kecenderungan kecemasan tinggi, dan 83,33% atau sebanyak 25 siswa memiliki kecenderungan mudah mengalami kecemasan terhadap Uji Kompetensi Nasional, serta 3,33% atau sebanyak satu siswa tidak memiliki kecenderungan merasakan kecemasan, yang berarti siswa tersebut tidak menganggap Uji Kompetensi Nasional meresahkan dirinya.
Berdarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor kecemasan baik secara persepsi dan Anxiety Trait sangat mempengaruhi diri siswa dalam menghadapi Uji Kompetensi Nasional
Kata kunci : Uji kompetensi, Persepsi, Anxiety TraitBibliografi " lembar 68-69
SS00012024 | SK 12024 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain