Text
Tinjauan pola ritmik calung dalam gendhing ricik-ricik Banyumasan
ABSTRAK
Eko Agus Saputro. 2016. Tinjauan Pola Ritmik Calung dalam Gendhing
Ricik-Ricik Banyumasan. Program studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan Penelitian ini untuk mendapatkan data yang akurat tentang pola
ritmik calung dalam gendhing Ricik-Ricik Banyumasan, sebagai salah satu upaya
pelestarian musik tradisional Indonesia.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Tempat penelitian dilakukan di dusun Ketenger Banyumas. Waktu penelitan
dilakukan pada bulan Januari 2015 sampai Juni 2015. Objek penelitian adalah
instrumen calung Banyumas. Data yang dikumpulkan dan diambil dari hasil
penelitian didapat dari observasi pasif, wawancara terbuka dan studi pustaka.
Keabsahan data menggunakan diskursus dan triangulasi.
Hasil Penelitian ini adalah bahwa tiap ricikan calung Banyumas memiliki
pola ritmik yang berbeda. Terdapat beberapa pola ritmik di dalam gambang
barung, yaitu : pola imbal (mengacu pada nada seleh gatra), pola mipil (dua kali
tabuhan nada yang sama dengan nada balungan), pola nggambang (bersifat
menghias dengan membunyikan nada sesuai alur balungan atau vokal) dan pola
pinatut (bersifat tidak tetap dan bebas). Terdapat beberapa pola ritmik di dalam
gambang penerus, yaitu : pola imbal dan pola onelan. Terdapat satu pola ritmik di
dalam dendhem, yaitu Pola nikeli. Terdapat satu pola ritmik di dalam kenong, yaitu
Pola nitiri. Terdapat satu teknik di dalam memainkan gong sebul, yaitu dengan
teknik disebul (ditiup). Kendhang memiliki beberapa pola tabuhan dasar yang biasa
dimainkan dalam gendhing Ricik-Ricik, diantaranya sekaran, ater-ater dan
singgetan. Pola-pola tersebut umum dimainkan pada berbagai jenis gendhing
Banyumasan. Tidak ada peraturan baku tentang pengembangan pola calung
Banyumasan, melainkan hanya terdapat bentuk pola dasar yang berguna sebagai
acuan pengembangan pola-pola baru. Setiap ricikan memiliki cengkok instrumen
yang berbeda. Hal ini didasarkan pada kreativitas dan kemampuan pengrawit.
Kata kunci : Pola ritmik, calung, gendhing Ricik-Ricik, Banyumas.
Bibliografi : lembar 58-59
SS00012035 | SK 12035 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain