Text
Assessment practices in the academic presentation (AP) course : The case of ele-sp UNJ
ABSTRAK
LENNI NOVRIANTI PURBA. 2016. Kegiatan Penilaian di Mata Kuliah
Academic Presentation (AP): Sebuah Kasus di Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris UNJ. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan
Seni, Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini meneliti kegiatan penilaian di salah satu mata kuliah wajib di
Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNJ. Mata kuliah yang diteliti adalah
Academic Presentation dimana keselarasan antara capaian pembelajaran dan
tugas-tugas penilaian dianalisa berdasarkan teori Constructive Alignment (CA)
yang dipercaya menghubungkan pencapaian murid akan capaian pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret hingga pertengahan Juli 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan
metode studi kasus. Analisa dokumen digunakan untuk mengumpulkan dan
menganalisa kegiatan penilaian di mata kuliah ini. RPKPS merupakan sumber
data utama untuk analisa dokumen serta hasil interview yang digunakan sebagai
data pendukung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa capaian pembelajaran
dan tugas-tugas penilaian sudah selaras yang artinya kegiatan penilaian di mata
kuliah ini sudah mengarah ke constructive alignment (CA) dan mampu
meningkatkan pencapaian mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran.
Kata kunci: kegiatan penilaian; mata kuliah; studi kasus; constructive alignment
Bibliografi : lembar 65-68
SS00010877 | SK 10877 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain