Text
The interactions between teachers and an austistic student in learning english : a content analysis at bilingual inclusive class of Al'Alaq elementary school
ABSTRAK
Ukhtie Nantika Mena. 2016. Interaksi Antara Guru dan Siswa Autis dalam Mempelajari Bahasa Inggris. Skripsi, Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara guru bahasa Inggris, guru pendamping dan siswa autis dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan pada bulan April hingga Mei 2016 didalam pelajaran bahasa Inggris kelas 6 SD Islam Al ‘Alaq. Kelas yang diteliti adalah kelas bilingual inklusi.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, wawancara dan mengumpulkan dokumen pendukung. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan metodologi analisis percakapan kelas dengan proses mentranskrip dan menganalisis ujaran berdasarkan teori Sinclair dan Coulthard. Stimulus, respon dan umpan balik yang telah didapatkan kemudian dikalkulasi dan diinterpretasikan untuk melihat frekwensi dari interaksi kelas.
Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 315 ujaran yang didapatkan, siswa autis mendominasi sebanyak 47% dari total percakapan, sedangkan guru bahasa Inggris dan guru pendamping masing-masing memberikan 27% dan 26%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa autis adalah peserta yang aktif dalam kelas. Dari 149 ujaran, siswa autis memberikan 100 respon, 30 stimulus dan 19 umpan balik. Ujaran yang paling banyak ditemukan adalah pertanyaan untuk guru pendamping. Hal ini merupakan kekhususan yang dimiliki oleh siswa autis dalam belajar bahasa Inggris. Dalam proses belajar, sering kali siswa autis memberikan pertanyaan diluar konteks pelajaran bahasa Inggris.
Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa stimulus dalam belajar bahasa Inggris lebih banyak diberikan oleh guru bahasa Inggris dibandingkan dengan guru pendamping. Namun dalam memperoleh respon, guru pendamping mendapatkan lebih banyak respon yang diharapkan.
Kata kunci : Interaksi kelas, Siswa autis, Bilingual inklusi
SS00010875 | SK 10875 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain