Text
Discovering tasks and classroom activities : A narrative inquiry in public speaking class at english department of UNJ
ABSTRAK
ASRIANI RODIAH. 2016. Menemukan Tugas dan Kegitan Kelas: sebuah Penelitian Naratif pada Kelas Public Speaking di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNJ. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tugas dan kegiatan kelas yang dialami mahasiswa saat menempuh mata kuliah public speaking di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris berdasarkan cerita dari mahasiswa beserta dosen. 18 orang mahasiswa diambil dari angkatan 2012 sampai 2014 yang sudah menempuh mata kuliah tersebut, dan seorang dosen pengampu matakuliah dipilih untuk menjadi peserta penelitian. Penelitian ini difokuskan atas cerita yang diutarakan oleh mahasiswa dan dosen pengampu matakuliah selama menempuh mata kulian public speaking melalui metode analisa naratif dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur. Cerita dari semua peserta penelitian tersebut direkam dan ditranskripsi, kemudian dianalisis menggunakan cara analisis dari Polkinghorne (1995) yaitu analisa berdasarkan cerita menggunakan analisa tematik. Analisa ini bertujuan untuk menemukan tugas dan kegiatan kelas yang dialami mahasiswa selama perkuliahan public speaking. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat delapan tema/poin yang muncul ketika para peserta penelitian menceritakan pengalaman mereka. Kedelapan tema ini merupakan hasil dari para peserta mengingat kembali, mencerminkan apa yang telah terjadi, dan mengambil pelajaran dari apa yang mereka alami
Kata Kunci: Tugas, Kegiatan Kelas, Penelitian Naratif, Public Speaking
Bibliografi : hlm 70-73
SS00010897 | SK 10897 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain