Text
Perubahan perilaku claude gueux sebagai tokoh utama dalam roman claude gueux karya Victor Hugo
ABSTRAK
Citra Pratiwi. 2016. Perubahan Perilaku tokoh utama dalam roman Claude
Gueux karya Victor Hugo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku Claude
Gueux sebagai tokoh utama dalam roman Claude Gueux karya Victor Hugo.
Perubahan perilaku diteliti berdasarkan stimulus yang diterima, antara lain :
stimulus kondisi alam, stimulus kondisi psikis atau batin dan stimulus kondisi
fisik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
menggunakan pendekatan analisis struktural Nurgiyantoro. Analisis data diawali
dengan memaparkan unsur-unsur instrinsik roman yang terdiri atas alur
pengaluran, penokohan dan latar. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan teori Miles dan Hubermann yang meliputi tiga tahapan, yaitu
pereduksian data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Objek yang
diteliti adalah roman Claude Gueux karya Victor Hugo. Penelitian difokuskan
pada perubahan perilaku.
Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan bantuan tabel
analisis perubahan perilaku menurut B.F Skinner. Dari tabel analisis tersebut,
kemudian dikelompokkan faktor penyebab perubahan perilaku yang terdapat
dalam roman Claude Gueux, yaitu: stimulus kondisi alam, stimulus kondisi psikis
atau batin dan stimulus kondisi fisik.
Dari hasil analisis perubahan perilaku dalam roman Claude Gueux,
terdapat empat belas kalimat yang menunjukkan perubahan perilaku dengan
empat kalimat menunjukkan perubahan perilaku berdasarkan stimulus kondisi
alam, delapan kalimat menunjukkan perubahan perilaku berdasarkan stimulus
kondisi psikis atau batin dan dua kalimat menunjukkan peubahan perilaku
berdasarkan stimulus kondisi fisik.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap
perubahan perilaku berdasarkan teori B.F Skinner. Selain itu dapat menambah
pengetahuan tentang perubahan perilaku yang mungkin terjadi dalam proses
pembelajaran yang dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar.
Pemahaman ini dapat membantu pengajar dan pembelajar untuk dapat
menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga tujuan dari
proses belajar mengajar dapat tercapai.
Kata kunci: Perilaku, Behaviorisme, Roman Claude Gueux Karya Victor Hugo
ii
RÉSUMÉ
Bibliografi : lembar 87 - 88
SS00010842 | SK 10842 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain