Text
Analisis penggunaan bahasa slang dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bekasi
ABSTRAK
Linda Weni. Analisis Penggunaan Bahasa Slang dalam Teks Cerpen Siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kata dan makna
dari bahasa slang yang ditemukan dalam teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri
1 Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
yang bersifat deskriptif. Sementara itu, pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik teknik catat. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan teknik kajian isi,
dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks cerpen yang
ditulis siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Bekasi yang berjumlah sebanyak 23 teks
cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan sebanyak 50 kosakata bahasa
slang dari 23 teks cerpen siswa. Data bahasa slang berdasarkan bahasa asalnya
terbagi menjadi empat bahasa asal, yakni bahasa slang yang berasal dari bahasa
Indonesia ditemukan sebanyak 28 kosakata, yang berasal dari bahasa daerah
sebanyak 4 kosakata, yang berasal dari bahasa asing sebanyak 11 kosakata, dan
yang tidak berasal dari bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing
sebanyak 7 kosakata. Bentuk kata bahasa slang ditemukan sebanyak 30 kosakata
berbentuk kata tunggal, dan 20 kosakata berbentuk kata kompleks. Dari 20
kosakata yang berbentuk kata kompleks, terbagi menjadi empat bagian
berdasarkan proses morfologis, yakni proses afiksasi sebanyak 5 kosakata, proses
reduplikasi sebanyak 1 kata, proses abreviasi sebanyak 11 kata, dan proses
akronim sebanyak 3 kata. Data kosakata bahasa slang berdasarkan jenis maknanya
dibagi menjadi dua, yakni kosakata bahasa slang yang memiliki makna leksikal
dan kontekstual ditemukan sebanyak 24 kosakata, dan kosakata bahasa slang yang
hanya memiliki makna kontekstual ditemukan sebanyak 26 kosakata. Implikasi
dari hasil penelitian ini adalah dapat digunakan untuk pengembangan materi teks
iklan yang berkaitan dengan kegiatan menulis slogan.
Kata Kunci : Bahasa slang, teks cerpen, dan teks iklan.
Bibliografi : lembar 91-93
SS00010896 | SK 10896 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain