Text
Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 27 Jakarta dalam materi ajar larutan elektrolit dan non elektrolit
ABSTRAK
Dian Arfah, Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 27 Jakarta dalam Materi Ajar Larutan Elektrolit dan Non elektrolit. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 27 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini dilakukan purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sebelum dilakukan pembelajaran, peserta didik terlebih dahulu diberikan pretest. Setelah dilakukan pembelajaran peserta didik diberikan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata selisih hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol sebesar 38,20 dan 29,33. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,63 dan ttabel = 2,00. Oleh karena thitung < ttabel, maka H0 diterima dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi ajar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 74-75
SS00010755 | SK 10755 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain