Text
Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD KELURAHAN MALAKA SARI JAKARTA TIMUR
ANDIANI YULIANTI
ABSTRAK
Penelitian eksprimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Malaka Sari 05 Pagi Jakarta Timur. Sebanyak 76 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA yang dianalisis dengan uji-t. Hasil uji hipotesis didapatkan thitung = (3,024) > ttabel = (1,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan kelas yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat memberikan perubahan yang bermanfaat terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang perubahan lingkungan fisik. Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 67-69
SS00010916 | SK 10916 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain