Text
Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui penerapan pendekatan somatic, audotory, visual,intellectual (SAVI) pada materi prisma dan limas di kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi
ABSTRAK
CHRISTINA NOVIA. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Pada Materi Prisma dan Limas di Kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pengajaran matematika di sekolah. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan guru didapatkan hasil bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Selanjutnya, hasil tes awal pemahaman konsep matematis yang dilakukan sebelum penelitian pada siswa kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis yang diperoleh siswa masih dalam kategori rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah menerapkan pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang didasari Accelerated Learning yang dikembangkan oleh Dave Meier. Pendekatan SAVI terdiri atas 4 komponen yaitu somatic, auditory, visual dan intellectual. Komponen somatic melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran melalui aktivitas fisik. Komponen auditory dan visual melibatkan siswa dalam mengamati dan mengkomunikasikan sumber pembelajaran yang menunjang pemahaman konsep. Komponen intellectual melibatkan siswa untuk menyimpulkan materi dalam sebuah rangkuman materi yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis pada materi prisma dan limas melalui penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Mei 2016 di kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi di tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil tes akhir yang diberikan setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-3 pada siklus I adalah 54,47. Selanjutnya, pada siklus II meningkat menjadi 73,44. Kemudian jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan (KKM) yaitu 76 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 30,56% dari keseluruhan siswa, lalu pada siklus II naik menjadi 77,8% dari keseluruhan siswa di kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan SAVI
Bibliografi : lembar 94-95
SS00010904 | SK 10904 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain