Text
Studi tentang penerapan model pembelajaran culturally responsive teaching terintegrasi dengan etnokimia pada materi gugus fungsi senyawa karbon dalam pembelajaran kimia kelas XII
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi model pembelajaran Culturally
Responsive Teaching terintegrasi dengan etnokimia terhadap softskill siswa dalam pembelajaran kimia
pada materi gugus fungsi senyawa karbon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang
pada semester genap pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berfokus kepada (i) Penerapan model
pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran kimia pada materi gugus fungsi
senyawa karbon dan (ii) Implikasi model pembelajaran Culturally Responsive Teaching yang diterapkan
pada materi gugus fungsi senyawa karbon khususnya terhadap perkembangan softskill siswa. Artikel
etnokimia yang digunakan yaitu bir pletok, balimau, cuka aren, dan tapai ketan. Metode pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan reflektif jurnal.
Implikasi yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain kerja sama, empati komunikasi, sikap
bertanggung jawab, rasa percaya diri, toleransi, kreativitas, motivasi, rasa ingin tahu, cinta budaya,
religius, berpikir kritis, kemampuan bersosialisasi, pengendalian diri, dan kimia kontekstual. Penerapan
model pembelajaran Culturally Responsive Teaching perlu dilakukan beberapa persiapan diantaranya:
pelatihan bagi guru, siswa, efesiensi waktu penerapan dalam pembelajaran, dan materi yang digunakan
dalam pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada
materi gugus fungsi senyawa karbon dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas kelas
XII semester 2.
Kata kunci:
Culturally Responsive Teaching, Gugus Fungsi Senyawa Karbon, Etnokimia.
Bibliografi : lembar 150-153
SS00010907 | SK 10907 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain