Text
Analisis kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran kimia larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui life cycle thinking project
ABSTRAK
Reni Oktavia Kurniasari. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa
dalam Pembelajaran Kimia Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit melalui Life
Cycle Thinking Project. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia,
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi
sains siswa dalam pembelajaran kimia larutan elektrolit dan nonelektrolit
melalui Life Cycle Thinking Project. Penelitian ini dilakukan pada semester
genap tahun ajaran 2016 di SMAN 98 Jakarta. Adapun yang menjadi
subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 sebanyak 35 siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif desktriptif. Sebelum
melakukan penelitian, dilakukan analisis pendahuluan untuk mengetahui
kemampuan literasi sains siswa sebelum menggunakan Life Cycle
Thinking Project. Literasi sains yang diukur meliputi kompetensi literasi
sains, level literasi sains dan aspek. Sedangkan instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah adalah lembar tes literasi sains,
lembar pedoman wawancara guru dan siswa, lembar obervasi diskusi,
lembar penilaian projek life cycle.
Hasil analisis menunjukan bahwa dengan menggunakan
pendekatan Life Cycle Thinking Project semua aspek literasi sains
mengalami perkembangan kemampuan literasi sains dan siswa sebanyak
lebih dari 50% telah mencapai level 3 sampai level 6 dalam kemampuan
literasi sains.
Kata kunci: Literasi sains, Life Cycle Thinking Project, Larutan Elektrolit
dan Nonelektrolit.
Bibliografi : lembar 76-78
SS00010909 | SK 10909 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain