Text
Pengembangan perangkat CBT sebagai instrumen penilaian sumatif fisika SMA kelas X semester 2
ABSTRAK
Indah Febriani. Pengembangan Perangkat CBT Sebagai Instrumen Penilaian Sumatif Fisika SMA Kelas X Semester 2. Skripsi, Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak penilaian berbasis komputer atau Computer Base Test (CBT) sebagai instrumen penilaian sumatif Fisika SMA kelas X semeste 2. CBT ini dikembangkan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Walter Dick, Lou Carey dan James O.Carey yang telah dimodifikasi oleh Atwi Suparman yaitu Model Pengembangan Instruksional (MPI). Instrumen penilaian menggunakan skala Likert. Produk CBT ini telah melalui uji validasi oleh ahli media dengan persentase 96,07%, uji validasi oleh ahli materi dengan persentase 87,39%, dan uji validasi oleh ahli penilaian dengan persentase capaian 87,61%. Uji coba terhadap pendidik dilakukan oleh guru fisika SMAN 31 Jakarta Timur dan guru fisika SMAN 33 Jakarta barat dengan perolehan persentase sebesar 98,58%. Uji coba terbatas terhadap siswa SMAN 33 Jakarta. Hasil uji coba secara terbatas memperoleh tingkat penilaian sangat baik dengan persentase capaian 88,35%. Setelah direvisi dilakukan uji lapangan terhadap siswa SMAN 33 Jakarta dengan persentase capaian 89,86%. Hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat CBT sebagai instrumen penilaian sumatif fisika SMA kelas X semester 2.
Kata Kunci: CBT, Instrumen Penilaian Sumatif, Model Pengembangan Instruksional (MPI).
Bibliografi : lembar 69-72
SS00011061 | SK 11061 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain