Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran siklus 7E dengan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi arkhaea dan bakteri
ABSTRAK
SISKA FAUZIAH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus 7E
dengan Jurnal Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi
Arkhaea dan Bakteri. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri
Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran siklus 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate,
Evaluate dan Extend) dengan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa
pada materi Arkhaea dan Bakteri. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 52
Jakarta pada bulan November 2015. Sampel penelitian diambil 32 siswa
tiap kelas dari dua kelas sampel secara simple random sampling. Metode
dan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan nonequivalent
control group design. Instrumen yang digunakan yaitu tes
objektif berupa pilihan ganda, penilaian afektif, penilaian psikomotorik,
jurnal belajar serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang
diambil yaitu nilai pretest, posttest, afektif, dan psikomotorik. Nilai rata-rata
hasil belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen dan kontrol ialah 79
dan 73. Hasil perhitungan uji prasyarat analisis data menunjukkan data
berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran
siklus 7E dengan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi
Arkhaea dan Bakteri.
Kata Kunci: Arkhaea dan Bakteri, Hasil Belajar, Jurnal Belajar, Siklus 7E.
Bibliografi : lembar 70-75
SS00010840 | SK 10840 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain