Text
Pengembangan video sosialisasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan KomputerUniversitas Negeri Jakarta bagi siswa SLTA di Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan video sosialisasi sebagai media penambah wawasan dan motivasi berupa video sosialisasi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta (PTIK UNJ) untuk siswa SMA di DKI Jakarta. Metode pengembangan multimedia dilakukan dalam 6 tahap yaitu (1) tahap concept merupakan tahapan awal dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia, (2) tahap design perancangan program dimulai dengan menyusun isi program, menentukan urutan penyajian dan menyusun alur pembelajaran yang berupa flowchart, (3) tahap material collecting merupakan tahap lanjutan dari tahap perancangan,(4) tahap assembly merupakan tahap dimana seluruh objek multimedia dibuat,(5) tahap testing pembuatan dan seluruh data telah dimasukan, dan(6) tahap distribution yaitu pembuatan master file serta dokumentasi dalam DVD (Digital Versatile Disc). Penilaian video sosialisasi PTIKUNJ untuk siswa SMA di DKI Jakarta ini dilakukan kepada responden (siswa) sebanyak 98 siswa menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari berbagai aspek, diantaranya, yaitu: (1) dari meningkatkan pengertian atau pemahaman terhadap suatu topik diperoleh prosentase sebesar 85%, (2) aspek meningkatkan daya tarik bagi khalayak diperoleh prosentase sebesar 78%, (3) aspek mengajarkan keahlian lebih efektif diperoleh prosentase sebesar 82%, (4) aspek merangsang khalayak untuk bertindak diperoleh prosentase sebesar 83%, (5) aspekmenumbuhkan sikap yang diinginkan terhadap materi yang dibicarakan diperoleh prosentase sebesar 86%, (6) aspek memperpanjang waktu penyimpanan informasi diperoleh prosentase sebesar 74%, (7) aspekmemberikan perolehan pengalaman yang tidak mudah melalui berbagai cara diperoleh prosentase sebesar 81%. Dari hasil pengujian terhadap siswa yang diperoleh secara keseluruhan, video sosialisasi PTIK FT UNJ bagi siswa SLTA di DKI Jakarta dapat dikategorikan “sangat baik”.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video sosialisasi PTIK FT UNJ untuk siswa SMA di DKI Jakarta ini layak untuk digunakan dan dikembangkan.Bibliografi : lembar 54-55
SS00012027 | SK 12027 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain