Text
Perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan model cooperative learning tipe teams games tournamet (TGT) dan tipe student teams achievement division (STAD) : studi eksperimen pada siswa kelas V di SDN Kecamatan Cipayung
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA ANTARA BELAJAR MELALUI
MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
(TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Di SDN Kecamatan Cipayung
Jakarta Timur)
Syifa Urwatul Wutsqo
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa
menggunakan pembelajaran kooperatif tipeTeams Games Tournament (TGT)
lebih tinggi dari pada tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada
materi bumi dan alam semesta.Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
Kecamatan Cipayung dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun
pelajaran 2015/2016.Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa
pilihan ganda, yang terdiri dari 15 butir soal dengan empat opsi. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t setelah
terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas data
menggunakan Liliefors dan homogenitas menggunakan Barlet. Hasil
penghitungan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 4,53. Nilai ttabel pada taraf
signifikan = 0,05 dan dk = 72 adalah1,99. Oleh karena nilai thitung lebih besar
dari pada ttabel (4,53> 1,99), maka H0 ditolak dan H1diterima. Dengan
demikian, hasil belajar IPA siswa yang menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada siswa
yang menggunakan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
kelas V sekolah dasar.
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games
Tournament (TGT),Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Bibliografi : lembar 78-80
SS00010856 | SK 10856 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain