Text
Penggunaan sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah pada aspek menjalin hubungan persahabatan : studi pre eksperimen pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 16 Bekasi
PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK
UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI
LINGKUNGAN SEKOLAH
(Studi Pre Eksperimen Pada Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 16 Bekasi)
Yohana Leonardo Siahaan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial
siswa di lingkungan sekolah pada kelas VII 2 SMP Negeri 16 Bekasi.
Penelitian ini menggunakan metode Pre experimental design dengan jenis
Pre test-post test one group design. Penelitian menggunakan sampel
sebanyak 8 orang siswa, teknik sampling yang digunakan adalah teknik
purposive sampling dan penggunaan teknik sosiodrama dalam bentuk
kelompok. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
instrumen yang dikembangkan berdasarkan teori penyesuaian sosial di
lingkungan sekolah sebanyak 30 item pernyataan yang valid dan memiliki
koefesien reliabilitas sebesar 0,904 yang berarti bahwa instrumen tersebut
layak dan dapat digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test diperoleh hasil
nilai asymp. Sig = 0,012. Hipotesis penelitian di uji pada taraf signifikansi α =
0,05 atau tingkat kesalahan sebesar 5%, maka nilai Asymp. Sig = 0,012 <
nilai signifikansi α 0,05. Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
tersebut memiliki arti bahwa penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah
meningkat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, teknik sosiodrama
berpengaruh positif terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan
sekolah. Sosiodrama dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konsling di
sekolah sebagai salah satu alternatif penanganan bagi siswa yang memiliki
penyesuaian sosial di lingkungan sekolah yang rendah.
Kata kunci: Teknik sosiodrama, penyesuaian sosial siswa di lingkungan
sekolah
Bibliografi : lembar 123-125
SS00010857 | SK 10857 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain