Text
Teachers' set induction and closure in english classroom : a case study at SMP Neger 2 Central Jakarta
ABSTRAK
RESNA SEPTIANI. 2016. GURU MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI KELAS BAHASA INGGRIS ( STUDI KASUS DI SMPN 2 JAKARTA PUSAT). Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen-komponen membuka dan menutup kelas yang digunakan oleh guru dan meneliti bagaimana membuka dan menutup kelas dibawakan oleh guru dikelas bahasa inggris.Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Mei. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dari penelitian ini adalah kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dibawakan oleh guru. Sumber data penelitian ini adalah dua guru yang mengajar bahasa Inggris di kelas 7 SMPN 2 Jakarta. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi kelas dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komponen-komponen membuka kelas yang digunakan oleh guru adalah mengucapkan salam, menggunakan audio visual, mengulas materi pelajaran sebelumnya, menyatakan tujuan pembelajaran sebesar, mengaktifkan pengetahuan sebelumnya sebesar. Lalu, komponen-komponen menutup kelas yang digunakan oleh guru adalah merangkum, mengevaluasi dan mengulas materi yang akan datang. Hasil penelitian juga menunjukan bagaimana guru membawakan membuka kelas dengan mengucapkan salam, menggunakan audio visual dengan menunjukkan video, mengulas pelajaran sebelumnya dengan memberikan pertanyaan, menyatakan tujuan pembelajaran dengan memaparkan tujuan pelajaraan dan mengaktifasi pengetahuan siswa sebelumnya dengan memberikan pertaanyaan. Guru membawakan menutup kelas dengan merangkum konten pembelajaran, mengevaluasi progres siswa dan mengulas materi yang akan datang dengan memberikan pr. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru memilik berbagai hambatan dalam melaksanakan kegiatan membuka dan menutup kelas, yakni batasan waktu dan menguasai karakter siswa.
Kata kunci: Guru, Membuka pelajaran, Menutup pelajaran, Kelas bahasa Inggris, Studi Kasus
Bibliografi : lembar 52-53
SS00010954 | SK 10954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain