Text
Thematic structure in discussion sections of skripsi of english departement Universitas Negeri Jakarta and tesol quarterly articles
ABSTRAK
MARIA MAGDALENA ROSALINE. 2016. Struktur Tematik Bagian
Pembahasan dalam Skripsi Mahasiswa English Department Universitas Negeri
Jakarta dan Artikel Penelitian Jurnal TESOL Quarterly. Skripsi. Jakarta: Jurusan
Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana thematic structure dalam
bagian diskusi dari Sripsi ED UNJ dengan tema di dalam Artikel Ilmiah dari TESOL
Quarterly terstruktur. Penelitian ini berfokus pada titik awal dari klausa di dalam
bagian diskusi yang digunakan penulis dengan korelasi pada proses dan fungsi dari
setiap klausa. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan sistem transitivity dari
melalui tiga tahapan. Tahap pertama adalah analisis proses, tahap kedua adalah
analisis peserta, tahap terakhir adalah analisis theme dan rheme. Hasil menunjukkan
bahwa data dari Skripsi dan TESOL Quarterly tidak memiliki interpersonal themes.
Keduanya juga tidak mempunyai continuative themes (salah satu aspek dalam
textual themes). Thematic structure dari bagian diskusi dari Skripsi tersusun koheren
dari permulaan hingga pertengahan Diskusi, namun sesudahnya menunjukkan
ketidakkonsistensian terhadap departure point. Hasil dari topical themes
menunjukkan bahwa proses yang sering digunakan pada Skripsi ED UNJ dan Artikel
Ilmiah dari TESOL Quarterly adalah relational dan material process, sementara
hasil pada circumstances as themes menunjukkan 5 dari 9 circumstances as themes
ditemukan pada Skripsi dan kesembilannya ditemukan di Artikel Ilmiah. Textual
themes pada Skripsi ED UNJ menunjukkan kebutuhan dari mahasiswa ED UNJ
untuk membedakan discourse lisan dan tertulis dan kebutuhan menggunakan
berbagai macam conjunctive as themes.
Kata Kunci: Struktur Tematik, Bagian Pembahasan, Topikal, Interpersonal, Tekstual
Bibliografi : lembar 44-46
SS00010959 | SK 10959 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain