Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik : studi penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 pagi Setiabudi, Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan) 2016
Muhamad Fikri Fadilah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 71,43% dengan 25 siswa mendapat nilai ≥65 dan pada siklus II mencapai 88,57% dengan rincian 31 siswa mendapat nilai ≥65. Dari hasil tersebut, pelaksanaan tindakan pada siklus II telah menunjukkan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 17,14%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sudah tepat.
Kata kunci: Pendekatan saintifik, hasil belajar IPA.
Bibliografi : lembar 99-100
SS00011092 | SK 11092 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain