Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe team accelerated instruction di kelas V SDN Rawa Badak Selatan 07 Pagi, Koja Jakarta Utara
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Metode Cooperative Learning tipe Team Accelerated Instruction di cKelas V SDN Rawa Badak Selatan 07 Pagi, Koja, Jakarta Utara
Dicky Renaldy
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe team accelerated instruction di kelas v SDN Rawa Badak Selatan 07 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 38 peserta didik pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 39,5% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena karena ketuntasan belajarnya masih di bawah masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 86,8%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 72% meningkat pada siklus II yaitu 90,62%. Instrumen pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I yaitu 65,62% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 87,5%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode cooperative learning tipe team accelerated instruction dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Dengan metode cooperative learning tipe team accelerated instruction peserta didik berperan aktif dalam diskusi kelompok sehingga terjadi pertukaran informasi, bertanggungjawab menjalankan tugas dalam kelompok, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya yang meletakkan peserta didik sebagai pelaku pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Cooperative Learning tipe Team Accelerated Instruction Bibliografi : lembar 95-96
SS00011093 | SK 11093 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain