Text
Kendala-kendala leksikal dalam teks eksposisi siswa : studi penelitian isi di SMA Insan Kamil Bogor
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kendala-kendala leksikal dalam menulis teks eksposisi yang mencakup bentuk kendala leksikal jenis misconstrain, bentuk kendala leksikal jenis impaction, dan bentuk kendala leksikal jenis rarefaction. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Insan Kamil Bogor . Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Secara sederhana, langkah tersebut dimulai dengan membaca keseluruhan utuh teks yang diteliti. Selanjutnya mengambil satu paragraf dari setiap teks yang dianalisis kemudian menganilisis setiap kata dari kalimat tersebut untuk mengetahui kendala leksikal jenis apa yang terdapat dalam teks siswa tersebut. Data penelitian ini mencakup kata-kata yang mengandung kendala-kendala leksikal jenis misconstrain, impaction, dan rarefaction yang terdapat dalam teks eksposisi siswa SMA Insan Kamil Bogor kelas X. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu teks ekposisi siswa. Berdasarkan hasil analisis data bahwa dalam penelitian ini ditemukan 5 kalimat yang mengalami kendala misconstrain atau sebesar 1.89%, sedangkan 44 kalimat yang mengalami impaction atau sebesar 16.61%, dan 49 kalimat yang mengalami kendala rarefaction atau sebesar 18.49%. Rarefaction merupakan kategori kendala leksikal yang paling banyak ditemukan. Kendala impaction juga cukup banyak ditemukan, walau jumlahnya tidak sebanyak rarefaction. Disisi lain, kendala misconstrain sangat sedikit kemunculannya, sehingga 98 kalimat yang mengalami kendala dan 167 kalimat yang dapat terbaca tanpa mengalami kendala.
Kata Kunci: Kendala-Kendala Leksikal, Misconstrain Impaction
Rarefaction, Teks EksposisiBibliografi : lembar 138-139
TM00002104 | TM 2104 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain