Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia : studi eksperimen pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejaten Barat 01 Pagi Jakarta Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Pejaten Barat 01 Pagi, Jakarta
Selatan dengan jumlah responden 67 siswa. Strategi penelitian yang
digunakan adalah strategi penelitian eksperimen dan dengan desain
penelitian desain factorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
Analisis of Varian (ANOVA) Two Way. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik Simple Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 67 responden siswa. Hasil peneltian menunjukan (1) terdapat
perbedaan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang
belajar menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan yang
belajar menggunakan strategi pembelajaran SAVI; (2) kemampuan membaca
pemahaman bahasa Indonesia siswa yang memiliki gaya kognitif Field
Independent lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memilki gaya
kognitif Field Dependent; (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi
pembelajaran dan gaya kognitif terhadap Kemampuan membaca
pemahaman bahasa Indonesia siswa; (4) kemampuan membaca
pemahaman bahasa Indonesia siswa field Independent lebih tepat digunakan
Strategi pembelajaran Quantum Teaching; (5) siswa dengan gaya kognitif
field dependent lebih tepat digunakan strategi pembelajaran SAVI; (6) siswa
yang memiliki gaya kognitif field Independent, lebih tepat di berikan strategi
pembelajaran Quantum Teaching; (7) siswa yang memiliki gaya kognitif field
dependent, lebih tepat berikan strategi pembelajaran SAVI. Dari hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi
pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca
pemahaman.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif, dan Kemampuan
Membaca PemahamanBibliografi : lembar 176-179
TM00002111 | TM 2111 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain