Text
Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 06 Jakarta Selatan : studi eksperimen hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 06 Jakarta Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajarandan motivasi belajar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Post-Test Only Control Group Design serta menggunakan metode analisis data Anava dua jalur atau faktorial 2 x 2. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling sehingga dapat ditentukan dua kelompok sampel, yaitu siswa kelas IVB di SDN Pejaten Barat 06 Pagi Jakarta selatan sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas IVA di SDN Pejaten Barat 06 Pagi Jakarta selatan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok strategi pembelajaran picture and picture dan strategi Card short. Kedua, terdapat interaksi antara startegi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA. Ketiga, kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran picture and picture dan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran card short. Keempat, kelompok siswa yang memiliki i belajar rendah, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran picture and picture dan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran card short.
Kata kunci: strategi pembelajaran, picture and picture, motivasi belajar, hasil belajar IPA.Bibliografi : lembar 126-129
TM00002110 | TM 2110 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain