Text
Strategi pembelajaran membaca permulaan braille untuk peserta didik tunanetra di SLB A pembana tingkat nasional lebak Bulus Jakarta : penelitian deskriftif di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta
STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE UNTUK
PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL
LEBAK BULUS JAKARTA
(Studi Deskriptif di SLB A Pembina Tingkat Nasional
Lebak Bulus Jakarta)
(2016)
Ilham Ahmad Nursoma
ABSTRAK
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai
strategi pembelajaran membaca permulaan Braille bagi peserta didik
tunanetra di SLB A Pembina Tingkat Nasional. Sampel dalam Penelitian ini
adalah kepala sekolah dan guru kelas di SLB A Pembina Tingkat Nasional
Lebak Bulus Jakarta sebanyak 4 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi dan dianalisis data yang digunakan adalah data reduction, data
display, dan concussion drawing / verification. Strategi pembelajaran
membaca permulaan Braille dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan pembelajaran membaca
permulaan Braille dilakukan oleh guru kelas secara signifikan mampu
meningkatkan kemampuan membaca permulaan Braille peserta didik.
Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan drilling.
Materi yang diajarkan mengenal huruf Braille dan membacanya dalam
meraba, bentuk huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana. Dalam
pelaksanaannya pembelajaran disampaikan secara individual. Evaluasi
dilakukan dalam bentuk penilaian tes dan non tes.
Kata kunci : Strategi pembelajaran membaca permulaan Braille, peserta didik
tunanetra
Bibliografi : lembar 97-98
SS00011361 | SK 11361 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain