Text
Meningkatkan kreativitas seni mozaik melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD : penelitian tindakan kelas di SDN Rawa Badak Utara 11 Jakarta Utara
KREATIVITAS SENI MOZAIK
MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Rawa Badak Utara 11 Jakarta Utara)
(2016)
Septi Kusumaningrum
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni mozaik melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN Rawa Badak Utara 11 Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rawa Badak Utara Jakarta Utara yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian hasil karya. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat skor kategori sangat baik mencapai 51%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,57%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dapat meningkatkan kreativitas seni mozaik di kelas IV SDN Rawa Badak Utara Jakarta Utara. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan pendekatan kontekstual untuk dapat mengembangkan kreativitas seni mozaik siswa.
Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, kreativitas seni mozaik siswa kelas IV SDN Rawa Badak Utara 11 Jakarta Utara.
Bibliografi : lembar 126-128
SS00011362 | SK 11362 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain