Text
Hubungan penguasaan paragraf dan kemampuan berpikir logis dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia : penelitian korelasional di Jurusan Pendidikan Agama Kristen STAKNN Tarutung
HUBUNGAN PENGUASAAN PARAGRAF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INDONESIA Studi Korelasional di Jurusan Pendidikan Agama Kristen STAKPN Tarutung (2013) TIO R J NADEAK ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara penguasaan paragraf dan kemampuan berpikir logis dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia baik secara terpisah dan simultan. Penelitian dilakukan pada jurusan pendidikan agama kristen pada tahun 2013 dengan 50 sebagai sampel diambil dengan menggunakan random sampling. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara: (1) penguasaan paragraf dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia, (2) kemampuan berpikir logis dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia. (3) penguasaan paragraf, kemampuan berpikir logis dengan pemahaman bacaan bahasa Indonesia Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman bacaan bahasa Indonesia dapat dikembangkan dengan meningkatkan penguasaan paragraf dan kemampuan berpikir logis.
Kata kunci: Paragraf, berpikir logik, pemahaman bacaan dan korelasi.
Bibliografi : lembar 132-135
TM00004701 | TM 4701 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain