Text
Peningkatan kemampuan menulis Narasi melalui media gambar berseri pada siswa kelas III di SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur
Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media
Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III di SDN Gedong 03 Pagi
Eva Oktaviana
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan media gambar berseri, untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur, dengan subyek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 35 siswa. Kemmis Taggart, yang dilakukan selama II Siklus. Masing-masinng siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan menulis narasi dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri siswa pada siklus I yaitu yang mendapatkan nilai 70 ke atas ada 23 orang atau sekitar 65, 71 % siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II anak yang memperoleh nilai di atas 70 ada 31 orang itu sekitar 88.57 % siswa yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah media ini mencapi 100 % pada siklus II. Implikasi dari penelitian mengidentikasikan bahwa penggunaan media gambar berseri, membuat siswa tanggung jawab dan aktif bekerja sama dalam belajar. Guru bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna.
Kata Kunci : media gambar berseri, kemampuan menulis narasi, penelitian tindakan kelas.
Bibliografi : lembar 140-143
TM00004612 | TM 4612 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain