Text
Pengaruh penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi
PENGARUH PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI
(Survei Pada Siswa Kelas V SD Negeri di Wilayah Gugus I Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang)
AAM AMALIYAH
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang pada bulan November sampai dengan Desember tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis jalur (path analysis). Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang kemudian terdapat 185 siswa yang dilibatkan dalam penelitian. Pengambilan data diperoleh melalui tes yang kemudian dianalisis untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) penguasaan struktur kalimat berpengaruh langsung positif keterampilan menulis narasi, artinya semakin baik penguasaan struktur yang dimiliki siswa maka semakin baik juga keterampilan menulis narasi, (2) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis narasi, artinya semakin baik kemampuan berpikir kritis siswa maka semakin baik juga kemampuan keterampilan menulis narasi, dan (3) penguasaan struktur kalimat berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan berpikir kritis, artinya semakin baik penguasaan struktur kalimat siswa maka semakin baik juga kemampuan berpikir kritis. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat mempengaruhi penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci : penguasaan struktur kalimat, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan menulis narasi. Bibliografi : lembar
TM00002180 | TM 2180 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain