Text
Pengembangan buku fisika multi representasi pada materi gelombang dengan pendekatan berbasis masalah
ABSTRAK
WIDYA NUR HAYATI. Pengembangan Buku Fisika Multi Representasi Pada Materi Gelombang Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan dan menghasilkan buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah pada materi gelombang, dan (2) memenuhi persyaratan kelayakan buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah melalui uji validasi oleh para ahli, uji keterbacaan, uji terbatas dan uji lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pendekatan Dick and Carey yang dimodifikasi oleh M. Atwi Suparman yang dinamai dengan Model Pengembangan Instruksional (MPI), yaitu model penelitian pengembangan yang secara khusus digunakan untuk mendesain pembelajaran modern. Hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 93,33%, hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata sebesar 85,47%, hasil uji validasi oleh ahli pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 84,28%, hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata sebesar 89,18%, hasil uji coba lapangan oleh guru fisika SMA diperoleh rata-rata sebesar 88,16% dan peserta didik SMA bahwa diperoleh hasil rata-rata sebesar 82,51%. Oleh karena itu, buku fisika multi representasi dengan pendekatan berbasis masalah dapat dikatakan sangat baik sebagai sumber belajar.
Kata kunci : Buku, Gelombang, Multi representasi, Pendekatan berbasis masalah
Bibliografi : lembar 90-92
SS00015571 | SK 15571 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain