Text
Pengembangan handout fisika berbasis advance organizer untuk siswa SMA kelas X semester genap
ABSTRAK
Nani Muniroh. Pengembangan Handout Fisika Berbasis Advance Organizer untuk Siswa
SMA Kelas X Semester Genap. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Juli 2016
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar fisika berupa handout berbasis
advance organizer pada materi fisika kelas X semester genap sesuai dengan kurikulum
2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(research and development (R&D)) dengan model Dick and Carey. Namun penelitian ini
dibatasi hanya pada tahap revisi formatif. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh ratarata
persentase hasil ahli materi 89,90%, ahli media 87,22%, ahli pembelajaran 76,67%.
Dilakukan uji pengguna yaitu guru dengan rata-rata persentase hasil 85,96% dan 24 orang
siswa memperoleh rata-rata persentase hasil komponen materi 73,95%, desain isi handout
81,53%, mutu handout 80,83% dan kebahasaan 75,42% Uji efektifitas menggunakan uji
gain memperoleh hasil sebesar 0,64, yang menyatakan terjadi peningkatan pengetahuan
dengan interpretasi sedang. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh interpretasi
sangat baik, maka pengembangan handout fisika berbasis advance organizer untuk siswa
SMA kelas X semester genap dinyatakan layak digunakan untuk menjadi pelengkap bahan
ajar fisika.
Kata Kunci: handout, advance organizer, R&D
Bibliografi : lembar 60-62
SS00011084 | SK 11084 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain