Text
Pemanfaatan flashcard dalam pendekatan pembelajaran montessori di bulan bintang Islamic montessori preschool
PEMANFAATAN FLASHCARD DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN
MONTESSORI DI BULAN BINTANG ISLAMIC MONTESSORI
PRESCHOOL
(2016)
Rizki Khoirunnisa
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana pemanfaatan
flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori di Bulan Bintang
Islamic Montessori Preschool, yang meliputi persiapan, pelaksanaan, tindak
lanjut. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan
survei. Melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara, dan
pengumpulan data. Peneliti menggambarkan situasi apa adanya sesuai
dengan keadaan dari hasil temuan di lapangan. Apa yang ditulis oleh peneliti
adalah hasil dari pengambilan data dari responden terkait. Responden
tersebut adalah guru Pra Sekolah Bulan Bintang Islamic Montessori, 5
peserta didik Pra Sekolah Bulan Bintang Islamic Montessori. Penelitian yang
berlangsung sejak 07 September 2016 sampai tanggal 30 Mei 2016 ini
menggunakan dua instrumen, yaitu pedoman observasi dan pedoman
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemanfaatan
flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori sudah cukup
memenuhi strategi pemanfaatan Arief Sadiman. Adapun saran untuk
penelitian ini yaitu, pimpinan sekolah, guru, dan peserta didik hendaknya
menjadikan flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori sebagai
sumber belajar yang dapat memenuhi aspek perkembangan bahasa peserta
didik.
Kata kunci: Belajar, pemanfaatan, pembelajaran, pendekatan pembelajaran
Montessori
Bibliografi : lembar 97-99
SS00010890 | SK 10890 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain