Text
Peningkatan hasil belajar Matematika tentang pecahan melalui pendekatan Matematika realistik di kelas IV SDN Cilendek Timur 2 Bogor : penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN Cilendek Timur 2 Bogor
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN
MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilendek Timur 2 Bogor)
RATIH PURNAMASARI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan melalui penerapan pendekatan realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilendek Timur 2 Bogor, dengan subjek penelitian berjumlah 24 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan Kelas dengan model dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap-tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini ditempuh dalam tiga siklus. Siklus pertama dan kedua terdiri atas dua pertemuan, sedangkan siklus ketiga terdiri atas satu pertemuan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan siswa, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa tentang pecahan. Pada siklus I, ersentase jumlah siswa yang nilainya melebihi atau sama dengan 70 sebesar 12,5%, pada siklus II mencapai 56,5%, dan pada siklus III mencapai 92%. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan realistik mencapai 95% pada akhir siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pecahan. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru untuk menggunakan pendekatan realistik sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika, khususnya tentang pecahan.Agar penerapan pendekatan matematika realistik berhasil maka guru harus melaksanakan pembelajaran secara berkelompok yang disusun secara heterogen, menyusun masalah kontekstual yang biasa anak temui pada kehidupan sehari-hari, menyediakan alat peraga, serta membimbing siswa selama menyelesaikan masalah.
Kata kunci: pendekatan matematika realistik, hasil belajar, penelitian tindakan kelas
Bibliografi : lembar 171-174
TM00004610 | TM 4610 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain