Text
Hubungan bimbingan orang tua di rumah dengan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun : penelitian korelasi di SDN Cipinang 01 Pagi Kuda Laut Jakarta Timur
HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DI RUMAH DENGAN PEMAHAMAN
BACAAN ANAK USIA 7-8 TAHUN (PENELITIAN KORELASI DI SDN CIPINANG
01 PAGI KUDA LAUT, JAKARTA TIMUR)
Dwi Puspa Pertiwi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Jakarta : tiwi.paud12@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui hubungan yang signifikan antara
bimbingan orang tua di rumah dengan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun di SDN
Cipinang 01 Pagi Kuda Laut, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode
korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak Sekolah Dasar Negeri kelas II
yang berada di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini
adalah anak kelas II SDN Cipinang 01 Pagi Kuda Laut, Jakarta Timur. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dari 30
responden. Hasil uji signifikansi korelasi product moment dengan menggunakan uji-t,
dihasilkan thitung (0,6674) < ttabel (2,045) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan n = 30.
Koefisien korelasi dilakukan dengan perhitungan koefisien determinasi sebesar 1,5%.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan yang berarti
antara bimbingan orang tua di rumah dengan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun di SDN
Cipinang 01 Pagi Kuda Laut, Jakarta Timur.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Pemahaman Bacaan
Bibliografi : lembar 95-97
SS00011354 | SK 11354 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain