Text
Meningkatkan pemahaman mengenal bilangan pecahan matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Kembar karya Pembangunan I Jakarta Timur
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAL BILANGAN PECAHAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB KEMBAR KARYA PEMBANGUNAN I JAKARTA TIMUR
Rani Fajrina Ramadhani
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenal bilangan pecahan matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Kembar Karya Pembangunan I Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Juli 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan dalam 12 kali pertemuan yang terbagi dalam 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 4 tahap kegiatan yaitu (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mengenal pecahan matematika siswa tunagrahita ringan kelas III mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pembelajaran melibatkan dua media utama yaitu buah apel dan kertas berwarna. Pembelajaran dilakukan secara kelompok dan individu dan konsep yang diajarkan dikaitkan dengan kehidupan siswa.
Kata kunci : Tunagrahita, Pendekatan Kontekstual, Bilangan Pecahan
Bibliografi : lembar 95-96
SS00011355 | SK 11355 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain