Text
Survei harapan peserta didik berkebutuhan khusus terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur
SURVEI HARAPAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS
TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI JAKARTA
TIMUR
(2016)
Karinda Nita Santi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan peserta didik
berkebutuhan khusus terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di
Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survei. Populasi pada penelitian ini yaitu 70 sekolah penyelenggara
pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah 110
peserta didik berkebutuhan khusus di 30 sekolah penyelenggara pendidikan
inklusif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan
cara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus memiliki harapan
yang tinggi terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur.
Hal ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk
memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan pendidikan inklusif
sehingga peserta didik berkebutuhan khusus dapat terlayani dengan baik.
Kata Kunci: Harapan, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Pendidikan
Inklusif
Bibliografi : lembar 69-72
SS00011013 | SK 11013 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain