Text
Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 59 Jakarta dan SMA Negeri 76 Jakarta
ABSTRAK
MEI WANITA SIMANJUNTAK. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Hidrolisis Garam di SMAN 59 dan SMAN 76 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik melalui pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari sampai Mei 2016 di SMA Negeri 59 Jakarta dan SMA Negeri 76 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, analisis kebutuhan,pengembangan produk, validasi produk kepada para ahli dan uji coba produk kepada siswa. Tahap pengembangan dilakukan dengan pendekatan saintifik dan didkusi dengan beberapa guru disekolah beserta beberapa dosen ahli dalam bidangnya.
Hasil uji kelayakan oleh para ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori yang sangat baik dengan r sebesar 0,81-0,94. Hasil uji coba modul pembelajaran kepada siswa untuk tiap indikatornya memberikan persentase >81% menandakan bhwa tiap indikator telah tercapai dengan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut,maka dapat disimpulkan modul pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan dengan Pendekatan Saintifik sudah sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Hidrolisis Garam, Pendekatan
Bibliografi : lembar 75-76
SS00011738 | SK 11738 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain