Text
Pengembangan modul praktikum transformator menggunakan media berbasis ICT
Rahmi Elzulfiah, 2016. “Pengembangan Modul Praktikum Transformator Menggunakan Media Berbasis ICT”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mandiri berupa modul praktikum Transformator menggunakan media berbasis ICT (Information and Communication Technology). Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. (Analize, Design, Developt, Implementation Evaluasi). Penelitian dilakukan di Laboratorium Research and Development Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Modul praktikum Transformator divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media pembelajaran, serta diuji coba oleh 30 orang mahasiswa Pendidikan Fisika. Persentase capaian hasil uji validasi oleh ahli materi fisika adalah sebesar 84.58%, oleh ahli media pembelajaran adalah 89.12% dan hasil uji coba terhadap mahasiswa adalah sebesar 86.55%. Dari segi karakteristik modul didapatkan hasil penilaian dari para ahli untuk self instructional 85.67%, self containing 84.45%, stand alone 87.50%, adaptif 84.03%, dan user friendly 90.63% dengan rata-rata seluruh karakteristik modul sebesar 86.45%.Dengan menggunakan teknik analisis Skala Likert, semua pencapaian menunjukkan predikat baik dan telah memenuhi kriteria modul yang dikeluarkan oleh KEMENDIKNAS dilihat dari segi self instructional , self containing, stand alone, adaptif, dan user friendly. Dari penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa modul praktikum fisika menggunakan media berbasis ICT pada pokok bahasan Transformator memenuhi persyaratan dan layak sebagai bahan belajar mandiri bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Transformator, ICT
Bibliografi : lembar 62-63
SS00011026 | SK 11026 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain