Text
Pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri pada siswa kelas i'dad (kelas persiapan) di pondok pesantren MA Husnul Khotimah
PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA I’DAD (KELAS PERSIAPAN) DI PONDOK PESANTREN MA HUSNUL KHOTIMAH 2016
Widarti Ratna Negara
ABSTRAK
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri. Pengukuran variabel penyesuaian diri menggunakan alat ukur Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) dan untuk pengukuran variabel regulasi diri menggunakan alat ukur yaitu Adolescent-Self Regulatory Inventory (ASRI). Metode pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah ketika penyesuaian diri (Y) mengalami kenaikan satu satuan, maka variabel regulasi diri (X) akan mengalami penambahan sebesar 0,82.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif regulasi diri terhadap penyesuaian diri. Variabel regulasi diri mempengaruhi penyesuaian diri sebesar 10% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar regulasi diri.
Kata Kunci : Regulasi Diri, Penyesuaian Diri Bibliografi : lembar 64-66
SS00011395 | SK 11395 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain