Text
Pengaruh intensitas mengerjakan pekerjaan rumah (PR) terhadap efikasi diri siswa kelas 1 SD : penelitian ex-post facto di SDN Kelurahan Binong, Kabupaten Tangerang
PENGARUH INTENSITAS MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS I SD
(Penelitian Ex-Post Facto di SDN Binong, Kelurahan Binong Permai, Tangerang)
(2016)
Rindhie Helga Christina
ABSTRAK
Rindhie Helga Christina. Pengaruh Intensitas Mengerakan Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas I SD Penelitian Ex Post Facto di SDN Binog, kelurahan Binong Permai, Tangerang: PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh intensitas mengerjakan PR terhadap efikasi diri siswa kelas I SD. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling sehingga ditemukan sampel yaitu SDN Binong I, SDN Binong II dan SDN Binong IV. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) Satu Jalan dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA bahwa tidak terdapat perbedaan efikasi diri anak pada ketiga kelompok intensitas mengerjakan PR. Dilanjutkan dengan Uji-t dan menunjukkan bahwa semua H0 diterima, maka H1 ditolak. Implikasi hasil penelitian ini adalah perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam terhadap efikasi diri dengan intensitas mengerjakan PR sampai ditemukannya logika teori tentang efikasi diri terhadap Intensitas mengerjakan PR. Akan tetapi tetap perlu adanya upaya yang dilakukan pihak sekolah, guru dan orangtua dalam meningkatkan efikasi diri pada siswa.
Kata kunci: Intensitas, Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR), dan Efikasi Diri, Siswa Kelas I SD
Bibliografi : lembar 104-107
SS00011396 | SK 11396 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain