Text
Pengembangan praltikum virtual urinalisis sebagai media pembelajaran biologi siswa SMA kelas XI
ABSTRAK DEWI KUSUMAWATI. Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Praktikum menjadi salah satu kegiatan penting dalam pembelajaran Biologi. Urinalisis memerlukan perlakuan khusus karena urinalisis menggunakan urin sebagai sampel untuk dianalisis. Terdapat keterbatasan dalam pelaksanaaan kegiatan praktikum urinalisis di SMA. Media pembelajaran seperti praktikum virtual urinalisis diharapkan dapat membantu mengatasi keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan praktikum virtual urinalisis sebagai media pembelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Tangerang, dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, serta uji produk dan revisi merupakan tahapan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner analisis kebutuhan siswa, panduan wawancara guru Biologi, dan kuesioner uji kelayakan ahli media, ahli materi, guru Biologi dan siswa. Pada tahap uji produk, ahli media dan ahli materi terlibat pada tahap uji kelayakan, sedangkan guru Biologi dan siswa kelas XI SMAN 4 Tangerang terlibat pada tahap uji lapangan. Persentase skor rata-rata yang didapatkan dari seluruh uji produk adalah sebesar 81,76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum virtual urinalisis yang dihasilkan telah layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran Biologi siswa SMA kelas XI. Kata kunci: media pembelajaran, praktikum virtual, urinalisis
Bibliografi : lembar 69-71
SS00011732 | SK 11732 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain