Text
Pengaruh permainan teka-teki kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun(studi eksperimen di PAUD Tunas Kecapi Jatiwarna, Kota Bekasi)
PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI KATA TERHADAP KEMAMPUAN
MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Studi Eksperimen di PAUD Tunas Kecapi Jatiwarna, Kota Bekasi)
Lia Iskandar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh
permainan teka-teki kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak
usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan jenis eksperimen, dengan desain Randomized Control Group Pre test
– Post Test. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B (usia 5-
6 tahun) di PAUD Tunas Kecapi Jatiwarna, Kota Bekasi dengan jumlah
sampel 15 anak di kelas B1 sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak di
kelas B2 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan
teknik random cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan
berupa permainan teka-teki kata dan instrumen yang sesuai dengan
karakteristik perkembangan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun
sebelum (pre test) dan sesudah perlakuan diberikan (post test). Hasil tersebut
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil
pengujian post test kelompok eksperimen dan post test kelompok kontrol
dengan menggunakan uji-t bahwa diketahui hasil dari thitung 70,03 dan ttabel
1,679. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel berarti terdapat pengaruh
positif yang signifikan dari permainan teka-teki kata terhadap kemampuan
membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Oleh karena permainan seperti
permainan teka-teki kata ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang
menyenangkan, menarik dan bermakna bagi pembelajaran kemampuan
membaca permulaan anak khususnya usia 5-6 tahun, dan diharapkan guru
dapat merencanakan pembelajaran tersebut sehingga kemampuan membaca
permulaan anak dapat menjadi lebih baik dan optimal.
Kata Kunci : Permainan Teka-Teki Kata, Kemampuan membaca permulaan
anak usia 5-6 tahun
Bibliografi : lembar 105-107
SS00011399 | SK 11399 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain