Text
Efektivitas media pembelajaran apples to apples terhadap pembelajaran bunpou (pre-experimental pada siswa kelas XI administrasi perkantoran SMK Tridaya Jakarta tahun ajaran 2016-2017
ABSTRAK
Siska Amelia. 2017. Efektivitas Media Pembelajaran Apples to Apples terhadap
Pembelajaran Bunpou (Pre-Experimental pada Siswa Kelas XI Administrasi
Perkantoran SMK Tridaya Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Jurusan
Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam
pembelajaran bahasa Jepang siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK
Tridaya Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa sekitar 50%
siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Menurut Sutedi
(2009:31) di dalam pembelajaran bahasa Jepang terdapat empat aspek
keterampilan berbahasa diantaranya berbicara, mendengar, menulis dan membaca.
Dari semua aspek keterampilan berbahasa Jepang tersebut, tata bahasa (bunpou)
merupakan dasar dari pembelajaran bahasa Jepang, karena tanpa mempelajari
bunpou seorang pembelajar tidak dapat memenuhi keempat aspek tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Apples
to Apples dalam pembelajaran bunpou siswa kelas XI Administrasi Perkantoran
SMK Tridaya Jakarta.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Eksperimental.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest
design. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas XI Administrasi
Perkantoran SMK Tridaya Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes tulis dan non-tes (angket). Hasil data
post-test yang diberikan setelah dilakukan treatment sebanyak empat kali
dianalisis dengan dengan teknik kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar
38,06 dan nilai rata-rata posttest 80,125, sehingga terdapat perbedaan nilai ratarata
sebesar 42,065. Dari nilai yang telah dihitung diperoleh hasil thitung 14,46,
sementara ttabel dengan taraf signifikasi 5% pada derajat kebebasan (db) = 30
sebesar 2,042. Sehingga thitung lebih besar ttabel (thitung ttabel ), yang berarti Hk
diterima dan Ho ditolak. Kemudian setelah menghitung rata-rata normalized gain,
diperoleh nilai sebesar 0,80 yang interpretasikan termasuk dalam kriteria sangat
efektif.
Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa 100% menyatakan bahwa
media Pembelajaran Apples to Apples cocok untuk pembelajaran bunpou, 81,25 %
menyatakan bahwa media Apples to Apples berpengaruh terhadap pembelajaran
bunpou. Berdasarkan kedua data tersebut dapat disimpulkan terdapat efektivitas
pada penerapan media Apples to Apples dalam pembelajaran bunpou.
Kata Kunci : Efektivitas, Apples to Apples, Bunpou
Bibliografi : lembar 72-74
SS00012162 | SK 12162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain