Text
Perbedaan daya terima konsumen terhadap produk kosmetik Toner dengan eksrak bunga mawar
ABSTRAK
Annisa Vergina Wulandari, 2016. Perbedaan Daya Terima Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Toner dengan Ekstrak Bunga Mawar. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula yang paling disukai oleh konsumen pada produk kosmetik toner dengan menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan kuning dengan konsentrasi sebanyak masing-masing 5ml.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta khususnya dilingkungan Program Studi Tata Rias. Pengambilan sampel diambil secara acak sebanyak 30 sampel. Penilaian dilakukan dengan uji organoleptik menggunakan skala sikap Likert / bisa disebut dengan uji kesukaan / hedonic. Aspek yang dinilai yaitu warna, bau, dan daya segar. Berdasarkan deskripsi teoritis maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian: terdapat perbedaan daya terima konsumen terhadap hasil penilaian warna, bau, dan daya segar pada kosmetik toner dengan menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan kuning sebanyak masing-masing 5ml.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: penilaian tertinggi dari aspek warna diperoleh toner A (ekstrak bunga mawar kuning) dengan rata-rata total nilai (mean) sebesar 3,93, sedangkan toner B (ekstrak bunga mawar merah) memperoleh nilai sebesar 3.10. Penilaian tertinggi dari aspek bau diperoleh toner B dengan rata-rata total nilai sebesar 3,50, sedangkan toner A memperoleh nilai sebesar 3,33. Terakhir, penilaian tertinggi dari aspek daya segar diperoleh oleh toner A dengan nilai sebesar 3,80, sedangkan toner B memperoleh nilai sebesar 3,47.
Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan produk yang paling disukai oleh konsumen adalah kosmetik toner dengan menggunakan ekstrak bunga mawar kuning sebanyak 5ml, dengan jumlah nilai rata-rata dari penilaian warna, bau, dan daya segar sebesar 3,69, sedangkan kosmetik toner dengan ekstrak bunga mawar merah memperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 3,36.
Kata Kunci: Bunga Mawar, Toner, Daya Terima Konsumen Bibliografi : lembar 74-76
SS00012187 | SK 12187 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain