Text
Pengaruh reward (penghargaan) dan sikap kerja terhadap produktivitas guru MTs Kabupaten Tuban
RINGKASAN
Pendidikan adalah salah satu institusi yang sangat penting dalam mengembangakan sumber daya manusia. Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satu lembaga yang dipercayakan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah Sekolah. Sekolah dapat mencapai tujuan apabila di dalamnya terdapat guru yang berkompoten dan memiliki kemampuan serta memiliki produktivitas yang tinggi. Sekolah disamping mencapai tujuan pendidikan secara nasional juga di tuntut untuk mencapai tujuan sekolah itu sendiri yakni menjadi sekolah percontohan di lingkungan sekolah yang bersangkutan. Dalam mencapai tujuan tersebut pimpinan sekolah seringkali dihadapkan pada hambatan-hambatan berupa rendahnya produktivitas guru ditandai dengan masih adanya kecenderungan guru yang sering keluar dan meninggalkan tugas-tugas, masih ada guru yang kurang terlibat dalam kegiatan sekolah. Lebih jauh lagi seringkali tidak profesional dalam melakukan proses pembelajaran. Kinerja yang semakain hari semakin menurun sehingga membuat sekolah terhambat dalam mencapai visi dan misi yang telah di programkan sebelumnya. Oleh karena itu, produktivitas sangatlah penting diperhatikan karena dengan guru yang produktif akan melahirkan barbagai macam inovasi baru yang mengikuti perkembangan zaman sehingga apa pun visi misi sekolah akan senantiasa dapat menyesuaikan. Hal ini sejalan apa yang diyatakan oleh Nancy Langton dan Stephen P. Robbins, "some reward all members of the organization for working together toward productivity goals”. Menurut Parviz F. Rad dan Vittal S. Anantatmula, "productivity is affected by the characteristics of the project team, such as personal pride, attitude, competency, the motivation to learn and the desire to excel”. Hal ini diperkuat lagi oleh Michal Armstrong “reward can be described as an attitude of mind – to be convinced of the virtue of systematically deciding what must be done and to believe in the need to plan
iv
ahead and make the plans happen”. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji secara ilmiah pakah reward dan sikap kerja berpengaruh terhadap produktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaran dalam penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tuban dengan jumlah sampel sebanyak 88 guru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicoba. Berdasarkan hasil uji coba, variabel produktivitas diukur menggunakan 36 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,974, variabel reward diukur menggunakan 35 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,976, sikap kerja diukur menggunakan 35 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,961. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi dan jalur. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh reward terhadap produtivitas menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,618 dan koefisien jalur 0,481. Artinya perbaikan reward guru mengakibatkan peningkatan produtivitas guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tuban. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh Sikap kerja terhadap produktivitas menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,566 dan koefisien jalur 0,403. Sehingga terdapat pengaruh langsung positif sikap kerja terhadap produktivitas. Artinya semakin tinggi sikap kerja guru mengakibatkan peningkatan produktivitas guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tuban. Hasil uji signifikansi koefisien jalur pengaruh reward terhadap sikap kerja menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,339 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,339. artinya peningkatan reward mengakibatkan peningkatan sikap kerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Tuban. Dengan hasil tersebut, maka implikasinya adalah produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan reward dan sikap kerja guru.
Bibliografi : lembar .
.
Bibliografi : lembar 103-104
TM00002210 | TM 2210 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain