Text
Penggunaan media 'peta buta elektronik' terhadap pengetahuan peta buta siswa sekolah dasar : studi Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nadwah -Bekasi.
ABSTRAK
Wulan Dewi Andhari (4315126805). Penggunaan Media “Peta Buta Elektronik” Terhadap Pengetahuan Peta Buta Siswa Sekolah Dasar (Studi Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nadwah Bekasi). Skripsi Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jawaban empiris mengenai perbedaan pengetahuan peta buta siswa dengan menggunakan “Peta Buta Elektronik“ pada mata pelajaran ilmu pendidikan sosial. Penelitian dilaksanakan di SDIT AN-Nadwah Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Dengan kriteria penelitian sampel yaitu, diajarkan oleh guru yang sama, memiliki materi ajar yang sama,dan memiliki tingkat prestasi nilai yang sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk tes pilihan ganda yaitu pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan peta buta siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan “Peta Buta Elektronik“ dan kelas kontrol yang tidak menggunakan “Peta Buta Elektronik“ pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 15,22 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 13,00. Adanya perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan peta buta ini dibuktikan dengan uji t dan diperoleh
SS00012177 | SK 12177 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain