Text
Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta
ABSTRAK
Refiana: Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta. Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial,Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama delapan bulan terhitung mulai bulan Maret sampai November 2016 di SMA Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 butir soal dan diujikan kepada 25 siswa. Melalui uji validitas rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan 43 butir soal valid dan 7 butir soal invalid sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown diperoleh rii 0,955 dengan demikian instrument tersebut reliabilitas dan dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, diperoleh Lh kelas eksperimen sebesar 0.106 dan Lh kelas kontrol sebesar 0.135. Nilai Ltuntuk N = 30 dengan taraf nyata 95% (α = 0,05) yaitu 0,161. dapat disimpulkan bahwa Lh< Lt maka sebaran data berdistribusi normal pada kedua kelas. Pengujian homogenitas dengan uji Bartlett diperoleh harga X2h (2,921) < X2t (3,84), maka sampel yang diteliti memiliki varians yang homogen atau sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh th (4,085) > tt (2,02) pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dengan derajat keabsahan 70, maka H0 : ditolak dan H1 : diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah di SMA Muhammadiyah 4 Cawang Jakarta.
Bibliografi ; lembar: 36-37
SS00012179 | SK 12179 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain