Text
Gaya mengajar guru fase dewasa tengah menurut psikologi perkembangan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta.
ABSTRAK
MUHAMAD LUTHFI. Gaya Mengajar Guru Fase Dewasa Tengah menurut Psikologi Perkembangan dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai gaya mengajar yang diterapkan oleh guru yang memasuki fase dewasa tengah atau dewasa madya dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 65 Jakarta. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, yaitu membentang sejak bulan Juli sampai Bulan Oktober 2016 di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XII IPA 1, XII IPS 1, dan XII IPA 2. Gaya mengajar tidak hanya sekedar kegiatan pembelajaran di kelas, tetapi juga ketika guru itu merumuskan Prota, Prosem, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal tersebut menjadi acuan bagaimana guru mampu merumuskan materi yang akan disampaikan sehingga siswa mampu menerima materi dengan baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan mendeskripsikan hasil pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 65 Jakarta selama 4 bulan. Yang peneliti amati adalah gaya mengajar guru sejarah yaitu Ibu Mawar, dan Ibu Melati. Kedua guru tersebut sudah masuk dalam kategori fase Dewasa Tengah sehingga cocok dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar Ibu Mawar dan Ibu Melati tidak terpengaruh oleh usia yang sudah memasuki fase dewasa tengah.
Bibliografi : lembar : 78-79
SS00012180 | SK 12180 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain