Text
Upaya meningkatkan hasil belajar passing dada dalam bola basket dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa ke;as XI SMA Yadika 2 Jakarta
RINGKASAN
ADELITA ANWAR. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dada Bola Basket Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas XI SMK Yadika 2 Jakarta. (2017). Skripsi. Jakarta: Olahraga Pendidikan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan keberhasilan passing dada bola basket melalui gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Yadika 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola basket sebagai kolabolator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa masih belum paham konsep passing dada bola basket. 2) siswa belum dapat melakukan tahap persiapan dengan sempurna yaitu dikarenakan posisi tungkai tidak di tekuk. 3) pada saat melakukan passing masih banyak siswa yang tidak meluruskan lengan dan lecutan pergelangan tangan. 4) siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan arah bola tidak menuju sasaran.
Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa paham akan konsep passing dada bola basket. 2) siswa dapat melakukan tahapan passing dada bola basket. 3) siswa dapat mengoreksi dan menganalisa kekurangan pada pasangannya. 4) siswa serius dalam mengikuti pelajaran.
Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan dalam kemampuan passing dada bola basket melalui gaya mengajar resiprokal, tes awal nilai rata-rata siswa 70,33, siklus I nilai rata-rata siswa 75,3, dan siklus II nilai ratarata siswa 80,1. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 14 siswa (46,6%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 21 siswa (70%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 30 siswa (100%). Bibliografi : lembar 54-55
SS00012137 | SK 12137 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain