Text
Pengembangan bahan ajar modul matematika SMP terbuka materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII dengan pendekatan kontekstual
ABSTRAK
ZIDNY FADHILA HARIS, Pengembangan Bahan Ajar Modul Matematika SMP Terbuka Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII dengan Pendekatan Kontekstual. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul matematika untuk siswa kelas VIII SMP Terbuka. Berdasarkan analisis karakteristik dan kebutuhan siswa, materi yang dibahas pada modul yang dikembangkan adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan kontekstual. Prinsip pendekatan kontekstual adalah mengaitkan materi dengan kehidupan nyata dan menggunakan tujuh asas, yaitu konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahap, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli materi dan bahasa diperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,59% sehingga dalam aspek materi dan bahasa termasuk dalam kriteria sangat baik. Modul yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum matematika yang digunakan oleh SMP Terbuka, setiap komponen yang disajikan jelas dan mudah dipahami, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, penguraian materi sesuai dengan pendekatan kontekstual, dan bahasa yang digunakan baik dan sesuai dengan tatanan bahasa yang baik dan benar. Kemudian persentase rata-rata keseluruhan yang diperoleh dari uji validitas oleh ahli media adalah 87,6% sehingga dalam aspek media termasuk dalam kriteria sangat baik. Penyajian secara keseluruhan dan desain isi modul sudah sangat baik. Persentase rata-rata secara keseluruhan yang diperoleh dari uji coba lapangan skala besar adalah 87,18%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa modul masuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran matematika SMP Terbuka pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Kata kunci: Modul, SMP Terbuka, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Research and Development, Kontekstual. Bibliografi::lembar : 100-102
SS00012159 | SK 12159 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain